Share

Hal-Hal Penting Dalam Melakukan Cetak Kartu Mahasiswa

Hal-Hal Penting Dalam Melakukan Cetak Kartu Mahasiswa – Identitas adalah sesuatu yang dimiliki semua orang. Identitas juga merupakan sesuatu yang abstrak, maka dari itu dibutuhkanlah sesuatu yang dapat digunakan sebagai bukti identitas bagi seseorang. Bukti identitas terdapat beragam jenisnya, biasanya akan disesuaikan dengan profesi seseorang, contohnya seorang pelajar atau mahasiswa.

Bukti identitas seorang pelajar atau mahasiswa adalah kartu mahasiswa. Pada umumnya, krtu mahasiswa memiliki beberapa fungsi seperti sebagai tanda pengenl ataupun absensi, untuk mendapatkan akses ke perpustakaan ataupun untuk menikmati promo-promo tertentu yang syaratnya mengharuskan seorang mahasiswa untuk memiliki kartu mahasiswa mereka sendiri. Uniknya, ada beberapa kartu mahasiswa yang multifungsi. Kartu mahasiswa ini juga dapat digunakan langsung sebagai kartu ATM. Kartu mahasiswa jenis ini biasanya dapat dimiliki oleh mahsiswa yang kampusnya melakukan Kerjasama dengan suatu bank tertentu.

Terdapat beberapa data umum yang tertera di kartu mahasiswa tersebut, antara lain nama mahasiswa, Nomor Induk Mahasiswa atau NIM, jurusan, fakultas dan foto diri. Beberapa kartu mahasiswa juga dilengkapi dengan barcode yang dapat discan sehingga proses validasi data saat kartu tersebut digunakan dapat dipercepat prosesnya.

Kartu mahasiswa ini tentunya akan sangat berguna dan penting, maka dari itu sebaiknya disarankan untuk melakukan cetak kartu mahasiswa menggunakan bahan baku yang awet dan tahan lama. Bahan baku terbaik yang digunakan untuk melakukan cetak kartu mahasiswa adalah bahan PVC Polyvinyl Chloride yang bersifat tahan lama. Ukuran standard kartu mahasiswa yang sering digunakan adalah sebesar ukuran kartu ATM yaitu sekitar 86mm x 54mm. Sementara standard tebal kartu ini adalah 0,76mm. 

Sebenarnya, ada juga kartu mahasiswa yang memakai kartu magnetic yang dalam proses pembacaan datanya, kartu tersebut harus digesekan pada mesin pembaca. Hal ini tidak disarankan karena akan berdampak pada kartu itu sendiri. Kartu akan mudah rapuh dan cepat rusak.

Selain pemilihan material PVC sebagai bahan baku untuk melakukan cetak kartu mahasiswa, pemilihan tinta dan alat print pun mempengaruhi hasil dan kualitas dari kartu mahasiswa tersebut. Tinta yang digunakan harus berkualitas tinggi agar identitas dan foto yang terdapat pada kartu tersebut tetap bisa terlihat jelas. Akan lebih baik jika hasil cetak kartu mahasiswa yang anda pilih memiliki finishing atau hasil akhir yang full overlay atau terlaminasi dengan baik. Sehingga kartu mahasiswa yang keberadaanya sangat penting ini anti robek, anti luntur dan tidak mudah terkelupas.

Mengenai desainya pun bervariasi. Anda juga dapat memilih desain kartu mahasiswa yang dicetak di satu atau dua sisi. Jika anda memilih kartu mahasiswa dengan satu sisi, pastikan semua data dan foto pada kartu mahasiswa terlihat jelas dan tidak ada kesalahan. Begitu juga dengan kartu mahasiswa dengan dua sisi. Pada sisi belakang biasanya tertera peraturan-peraturan kampus yang menjadi patokan mahasiswa dalam bertindak.

Open chat