Share

Mau Cetak Kartu Absensi? Kenali 4 Jenisnya Dulu Biar Tidak Salah Pilih

Mau Cetak Kartu Absensi? Kenali 4 Jenisnya Dulu Biar Tidak Salah Pilih – Kartu absensi merupakan salah satu yang dibutuhkan di berbagai perusahaan, sebagai cara untuk memastikan seluruh karyawan berada di kantor sesuai jam kerja yang ditentukan. Jika Anda mau cetak kartu absensi tentu harus tahu dulu jenis kartu yang tersedia, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kantor. Berikut ini ada beberapa jenis yang sering dipilih oleh perusahaan baik skala kecil maupun skala besar.

4 Jenis Kartu Absensi

Empat jenis kartu berikut ini, bisa dipakai sebagai kartu absensi karyawan dan kami sediakan untuk Anda. Masing-masing punya kelebihan dari segi bahan, kecanggihan, hingga efektivitas dalam penggunaannya. Mau tahu apa saja jenis kartunya?

1. Kartu Absensi Standar

Merupakan kartu absensi yang paling banyak digunakan, karena terbuat dari kertas dengan ukuran standar 8,5 x 19 cm. Pada kartu ini terdapat tabel mulai dari nama karyawan hingga jam kedatangan serta jam pulang yang bisa diisi manual menggunakan pulpen. 

Bisa juga digunakan pada mesin absensi khusus yang nantinya secara otomatis akan menuliskan jam datang dan pulang sesuai realtime saat seorang karyawan memasukkan kartu pada mesin tersebut.

Kartu ini masuk kategori murah karena bahan pembuatannya juga mudah didapat. Makanya untuk perusahaan dengan jumlah karyawan terbatas dan masih baru, bisa mengandalkannya untuk memastikan semua datang dan pulang tepat waktu.

2. Kartu Absensi Mifare

Yaitu kartu absensi yang berbentuk ID card, di mana pada bagian dalam kartu sudah terdapat alat deteksi atau sensor yang sudah terkoneksi dengan database perusahaan. Jadi, ketika sudah diaktifkan maka ketika digunakan untuk absensi maka data jam masuk, nama karyawan hingga nomor pegawainya sudah langsung dideteksi.

Cara pakainya dengan mendekatkan kartu pada alat khusus, seperti halnya room card pada hotel. Lalu pada database komputer bisa dicek bahwa seseorang sudah melakukan absensi.

3. Kartu Absensi Magnetik

Beda dengan kartu Mifare, magnetik memiliki bagian hitam di bawah kartu yang ukurannya sebesar KTP tersebut. Bagian hitam ini nantinya akan digesek pada mesin absensi, kemudian karyawan sudah tercatat otomatis melakukan aktivitas absensi pada jam berapa, hari apa, dan data personalnya juga akan muncul otomatis pada mesin.

Kartu ini mirip dengan kartu debit yang sering dipakai untuk transaksi di pusat perbelanjaan. Sehingga, untuk penggunaannya tidak akan terlalu sulit karena penggunaannya sudah familiar di tengah masyarakat.

4. Kartu Absensi Proximity

Kartu ini adalah yang paling canggih, karena mendeteksi absensi dengan chip yang terdapat di dalam kartu. Cara pakainya dengan mengaktifkan kartu terlebih dahulu melalui alat deteksi, dimana operator akan memasukkan nama pemilik, identitasnya, posisi di perusahaan, dan data pendukung lainnya.

Setelah itu, bisa dicetak dengan logo perusahaan hingga nama karyawan yang bersangkutan. Lalu saat penggunaan, karyawan tinggal menempelkan kartu pada mesin digital absensi maka data absensinya akan tersimpan otomatis dan bisa dicek melalui komputer yang terhubung pada mesin tersebut.

Dari empat jenis kartu absensi di atas, Anda bisa melihat mana yang bisa dipakai pada perusahaan Anda. Masing-masing memiliki kelebihan yang tak bisa diabaikan, tinggal Anda memastikan apakah mesin deteksinya sudah tersedia di kantor. Kemudian berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian kartu tersebut. Setelah itu, tinggal manfaatkan agar ketaatan karyawan pada jam masuk, jam istirahat, dan jam pulang bisa benar-benar direalisasikan.Demikianlah informasi seputar jenis kartu absensi yang tersedia di pasaran, sehingga sebelum memutuskan cetak kartu absensi maka Anda dapat memilih terlebih dahulu jenis mana yang akan digunakan. Lalu tinggal hubungi kami untuk proses order pembuatannya. Happy shopping

Open chat